Sukses

Makanan yang Bisa Haluskan Kulit

Menjaga kulit tetap halus tak perlu menghabiskan banyak uang untuk krim mahal, pil, atau perawatan kulit. Anda cukup mengonsumsi makanan.

Liputan6.com, New York Menjaga kulit agar tak keriput tak perlu menghabiskan banyak uang untuk krim mahal, pil, atau perawatan kulit. Yang Anda perlukan hanya resep agar kecantikan kulit tetap terjaga.

Berikut lima makanan agar Anda memiliki kulit mulus seperti dilansir ABCNews, Kamis (2/4/2014):

1. Olive oil

Faktor utama yang bertanggung jawab terhadap penuaan kulit adalah radiasi ultraviolet. Sebuah penelitian Prancis meneliti 1.264 perempuan dan 1.655 laki-laki dan menunjukkan, asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun menjadi pelindung dari penuaan parah.

Penelitian ini menunjukkan, minyak zaitun dalam makanan meningkatkan kemampuan kulit untuk melawan kerusakan yang disebabkan radiasi UV.

2. Wortel

Anda yang ingin menghindari penuaan dini bisa mencoba makanan yang kandungan karotenoidnya tinggi. Senyawa yang bertanggung jawab terhadap pigmen warna kuning, oranye, dan merah ada pada tanaman tertentu.

Beberapa karotenoid merupakan beta karoten yang ditemukan dalam wortel dan lycopene dalam tomat. Senyawa ini melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, penuaan dini, dan kanker kulit.

Makanan lain yang tinggi kadar karotenoid meliputi labu, tomat, ubi jalar, paprika merah manis, semangka, dan sawi.

3. Jeruk

Sebuah penelitian terhadap 4.025 perempuan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, peran diet dalam penuaan kulit. Dan wanita yang asupan Vitamin C-nya tinggi cenderung memiliki lebih sedikit kerutan.

Vitamin C membantu pembentukan kolagen, yang memberikan kekuatan di kulit, kehalusan, dan elastisitas. Vitamin C juga membantu proses regenerasi kulit, perbaikan luka, dan memiliki sifat photoprotective.

Makanan lain yang tinggi Vitamin C adalah paprika merah, kiwi, brokoli, stroberi, dan kubis.

4. Biji bunga matahari

Penelitian American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, wanita yang diet tinggi asam linoleat jarang yang kulitnya kering atau mengalami penipisan kulit.

Asam linoleat adalah asam lemak esensial yang diubah menjadi asam lemak lain seperti eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). EPA dan DHA memiliki efek photoprotective yang bisa menjelaskan efek pelindung kulit asam linoleat.

Kacang pinus dan kacang brazil juga tinggi asam linoleat.

5. Salmon liar

Kita tahu bahwa asam lemak Omega 3 adalah supernutrient yang bagus untuk mengatasi depresi, penyakit jantung, dan kanker.

Berikut adalah beberapa hal yang lebih menakjubkan dari Omega 3 yakni bisa mengurangi peradangan yang menyebabkan jerawat, mengobati gangguan kulit seperti psoriasis inflamasi , dan dapat mengurangi kerutan yang disebabkan oleh peradangan yang diinduksi UV.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini