Sukses

Cara Ibu Hamil Kontrol Perubahan Suasana Hatinya

Perubahan suasana hati menjadi salah satu keluhan umum dari wanita hamil. Padahal, kondisi mental ibu berperan besar dalam perkembangan bayi

Liputan6.com, New Delhi Perubahan suasana hati menjadi salah satu keluhan umum dari wanita hamil. Ini bisa karena perubahan dalam tubuh yang membuat Anda merasa tak menarik di depan pasangan, stres mengasuh anak, krisis keuangan, lemahnya ikatan keluarga, masalah pekerjaan, atau merasa bersalah dengan kehamilan yang tak direncanakan.

Tapi di atas semua alasan tersebut, perubahan status hormon tubuh yang menjadi alasan utama sehingga Anda merasa di bawah tekanan tanpa alasan.

Padahal, kondisi mental ibu berperan besar dalam perkembangan mental bayi. Stres dan tertekan biasanya karena fluktuasi hormon.

Ibu hamil lebih mungkin mengalami perubahan suasana hati selama trimester pertama karena keraguan dan kebingungan. Apapun itu, cobalah mengambil langkah yang tepat untuk mengontrol perubahan suasana hati selama kehamilan seperti dilansir Boldsky, Rabu (2/4/2014):

1. Hobi

Alihkan diri Anda ke sesuatu yang memerlukan kesabaran dan konsentrasi bisa mengontrol perubahan suasana hati selama kehamilan. Ini adalah metode terbaik agar membuat diri Anda terlibat dengan sesuatu yang menarik.

2. Yoga

Yoga merupakan pilihan terbaik untuk mengontrol perubahan suasana hati, terutama di trimester pertama. Ini akan membantu menyeimbangkan pikiran dan tubuh Anda.

Sebelum berlatih yoga, pastikan bahwa Anda tak memiliki masalah medis yang menuntut istirahat total.

3. Hindari atau batasi junk food

Diet yang seimbang dan sehat merupakan obat yang terbaik untuk mengontrol perubahan suasana hati selama kehamilan. Wajar saat hamil Anda mungkin mendambakan makanan yang tak sehat. Tapi berhati-hatilah, batasi asupan makanan junk food karena ini mengandung zat aditif atau pengawet yang bisa memengaruhi keseimbangan hormon Anda. Cobalah cari pilihan lain yang sehat untuk menggantikan makanan junk food Anda.

4. Tidur yang cukup

Waktu hamil menuntut Anda cukup istirahat dan mengistirahatkan tubuh Anda. Perubahan suasana hati pada trimester pertama kehamilan disebabkan oleh perubahan hormonal. Dan kebiasaan tidur yang tepat bisa membantu Anda bersantai dan menjaga keseimbangan hormon Anda.

Tidur bisa menjadi obat terbaik ketika Anda mengalami stres selama kehamilan.

5. Positif

Apabila sebelumnya Anda keguguran, mungkin Anda menghadapi perubahan suasana hati selama trimester pertama kehamilan. Ini merupakan waktu yang sangat penting untuk kehamilan yang sehat. Rutinlah memeriksakan diri ke dokter.

6. Suami terlibat

Berkomunikasi dengan transparan bersama pasangan Anda. Berbagi perasaan, keraguan, dan kebingunan dengan pasangan Anda. Kadang-kadang, ia mungkin tak bisa memecahkan masalah Anda, tapi tetap saja ia bisa mendukung Anda mengelola stres.

 






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.