Sukses

Perempuan Bisa Lihat Pria Cerdas atau Tidak dari Wajahnya

Kaum Hawa tentu senang dengan pria yang cerdas. Ternyata, perempuan bisa melihat betapa cerdasnya seorang pria dengan hanya melihat wajahnya

Liputan6.com, New York Kaum Hawa tentu senang dengan pria yang cerdas. Ternyata, perempuan bisa melihat betapa cerdasnya seorang pria dengan hanya melihat wajahnya.

Menurut para ilmuwan, pria cerdas memiliki wajah yang panjang dan jarak antara mata lebih lebar. Tapi, ini tak berlaku pada wanita.

"Kemampuan untuk menilai kecerdasan orang lain secara akurat dari interaksi sosial sehari-hari," kata tim peneliti dalam jurnal PLoS One, Selasa (1/4/2014).

Tim menggunakan foto wajah statis pada 40 pria dan 40 wanita untuk menguji hubungan antara IQ, kecerdasan, dan bentuk wajahnya. Foto close up wajah para responden ini menampilkan pose netral, ekspresi non senyum, dan tanpa perhiasan atau kosmetik.Baik pria ataupun perempuan bisa secara akurat mengevaluasi kecerdasan pria dengan melihat foto wajahnya.

"Hasil ini menunjukkan bahwa perseptor secara akurat bisa mengukur kecerdasan pria, tapi tidak perempuan, dengan melihat wajah di foto, namun estimasi ini tak didasarkan pada bentuk wajah," kata peneliti.

"Studi kami menunjukkan ada hubungan antara kecerdasan dan daya tarik atau bentuk wajah."

Menurut peneliti, wajah yang dianggap sangat cerdas memiliki jarak yang luas antara mata, hidung mesar, sudut mulut sedikit maju dan tajam, dagu kurang bulat.

"Sebaliknya, persepsi kecerdasan yang lebih rendah dikaitkan dengan wajah lebih bulat dengan mata dekat satu sama lain, hidung lebih pendek, penurunan di sudut mulut, dagu bulat dan besar."

Peneliti juga menulis, secara khusus ada dua faktor kecerdasan yang dilihat dari wajah pria yakni kecerdasan cair dan figural. Kecerdasan cair adalah kemampuan memecahkan masalah secara logis, independen dari pengetahuan yang diperoleh. Sementara kecerdasan figural menggambarkan kemampuan menangani objek seperti gambar, pola, dan bentuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini