Sukses

Ibu dan Anak Tertular TB dari Kucing

Jessica Living yang harus menjalani perawatan medis setelah dokter mendiagnosis tuberkulosis paru akibat terpapar kucing.

Liputan6.com, Jakarta Dokter Inggris dikejutkan dengan penemuan seorang remaja di Inggris, Jessica Living yang harus menjalani perawatan medis setelah dokter mendiagnosis tuberkulosis paru akibat terpapar kucing.

"Saya kehilangan setengah berat badan dalam lima minggu. Rasanya sangat sakit di sekujur tubuh, demam, keringat dingin dan halusinasi," kata Jessica, melansir Mirror, Minggu (30/3/2014).

Ibunya, Jessica Claire ternyata juga tertular penyakit TB laten akibat kucing. Menurutnya, pasangan ini mengadopsi anak kucing lima minggu sebelumnya dan diperkirakan telah terinfeksi saat membersihkan luka pada hewan peliharaannya.

Direktur Klinik dari Falkland Veterinary Clinic di Newbury, Vet Carl Gorman mengatakan, hewan juga bisa jatuh sakit dengan kondisi paru-paru kronis dan luka yang mencurigakan. Namun belum ada penelitian khusus apakah TB pada kucing juga menularkan manusia.

"Ini sangat tidak biasa untuk kucing untuk mendapatkan TB tetapi itu cukup langka bila sekelompok kucing mendapatkannya," ujar Gorman.

Belum lama sebelum kasus ini terjadi, media setempat juga melaporkan adanya seorang anak berusia di bawah 10 tahun juga ketahuan mengidap tuberkulosis paru akibat anjing kesayangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini