Sukses

Jam Tangan Unik Ini Bisa Peroleh Vitamin D dari Matahari

Jam tangan ini memiliki keunggulan yang bisa mengukur paparan sinar UV

Liputan6.com, Jakarta Jam tangan berwarna-warni ini bukan mainan anak-anak. Jam ini memiliki keunggulan yang bisa mengukur paparan sinar UV dan memberitahu penggunanya bila terbakar matahari sekaligus kapan bisa menambah vitamin D.

Seperti dikutip laman Dailymail, Rabu (26/3/2014) cara kerja jam tangan ini menggunakan sensor kecil untuk mengukur sensitivitas matahari dari skor 1-11. Dan Lampu LED akan memberitahu Anda tingkat serapan sinar matahari (UV) .

"Sejumlah besar orang mungkin sadar sinar matahari menyehatkan karena paparannya sangat baik untuk tulang, tetapi tidak tahu berapa banyak yang dibutuhkan," tulis pendiri perusahaan jam unik ini, Karin Edgett.

Karin menyampaikan, UVB memberikan vitamin D dan UVA cenderung menyebabkan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Apalagi Vitamin D sangat penting untuk mengelola kadar kalsium tubuh dan menjaga kesehatan tulang, dan juga diduga memiliki efek pada kanker payudara, arthritis dan diabetes.

Di lain pihak, Barbara Boucher yang meneliti vitamin D di Queen Mary University of London, mengatakan bahwa alat ini cukup menarik karena memiliki manfaat UVB dan sensitif terhadap sinar matahari, sehingga bisa dijadikan tanda perlindungan terhadap sengatan matahari.

Bila Anda berminat, jam ini dijual seharga 50 dolar atau sekitar Rp 500 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.