Sukses

Kondisi Fisik Membaik, Iqbal Tetap Butuh Kasih Sayang

Kementerian Sosial Republik Indonesia bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menjenguk Iqbal Saputra yang diduga korban pencu

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial Republik Indonesia bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menjenguk Iqbal Saputra yang diduga korban penculikan dan tindak kekerasan anak.

Bocah 3,5 tahun ini seperti diketahui mendapatkan perlakuan kasar dari seorang pria yang diduga memiliki hubungan spesial dengan sang ibu, Iis Novianti.

"Seperti pemberitaan Iqbal ini diduga diculik oleh pria yang sakit hati kepada ibunya. Saat dijenguk tadi bocah itu bisa tersenyum, saya terharu. Saat kami cium jenguk dia tersenyum. Fisiknya terlihat sudah mulai membaik. Kini dia hanya butuh kasih sayang," kata Direktur Kesejahteraan Sosial Anak Kemensos, Edi Suharto, Senin (24/3/2014).

Kemensos dan Komnas PA berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan kondisi Iqbal. "Iqbal itu salah satu anak yang butuh perlindungan. Kami tidak ingin ada Iqbal-Iqbal lain. Anak itu butuh kasih sayang, bukan jadi obyek kekerasan atau di eksploitasi. Mari semua pihak sama-sana berupaya maksimal," kata Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait.

Untuk memulihkan kondisi psikologis Iqbal, Kemensos menurunkan beberapa orang seperti psikolog agar bocah tersebut tidak mengalami trauma.

"Tim kita para sarjana kesos sudah ada yang turun membantu supaya tidak ada masalah psikolog yang mengkhawatirkan. Kalau ada psikolog yang mau bekerja sama kami sangat mengapresiasikan itu," kata Edi.

Edi dan Arist sama-sama berharap semua pihak mulai dari pemerintah, swasta dan masyarakat semakin meningkatkan kepedulian terhadap anak.

"Anak itu dilindungi Undang-Undang, siapapun yang mengeksploitasi atau menyalahgunakan secara berlebihan serta menyakiti bisa dikenakan sanksi hukum pidana dan perdata," kata Edi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.