Sukses

Mengancam Hingga Membunuh Korban Juga Bentuk Bullying

Dalam psikologi, bullying dipahami peneliti memiliki dua aliran teori yaitu teori yang merujuk pada tindakan reaktif dan proaktif

Liputan6.com, Jakarta Dalam psikologi, bullying dipahami peneliti memiliki dua aliran teori yaitu teori yang merujuk pada tindakan reaktif seperti mengganggu teman dan teori proaktif seperti penekanan yang dilakukan dalam bentuk pemalakan ataupun ancaman.

Lantas bagaimana bentuk Bullying yang berkembang dewasa ini? Dalam buku 'Meredam Bullying', penulis Ponny Retno Astuti memaparkan bentuk bullying sebagai berikut:

1. Fisik

Contohnya adalah menggigit, menarik rambut, memukul, menendang, mengunci dan mengintimidasi korban di ruangan atau dengan mengitarinya. Selain itu, memelintir, menonjok, mendorong, mencakar, meludahi, mengancam dan merusak barang korban, penggunaan senjata dan perbuatan kriminal seperti membunuh korban.

2. Non Fisik

Bentu bullying dalam bentuk non fisik terbagi dalam verbal dan non verbal.

- Verbal

Contohnya panggilan telepon yang meledek, pemalakan, pemerasan, mengancam, intimidasi, menghasut, berkata jorok pada korban, berkata menekan, menyebarluaskan kejelekan korban.


- Non verbal
Secara tidak langsung seperti manipulasi pertemanan, mengasingkan, tidak mengikutsertakan, mengirim persan, menghasut, curang dan sembunyi-sembunyi. Dan secara langsung bisa berupa gerakan kasar yang mengancam, menatap, muka mengancam, menggeram, hentakan atau menakuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini