Sukses

Haruskah Tetap Olahraga Ketika Sakit?

Anda bisa mengetahui apakah masih bisa melakukan olahraga dan kapan waktunya istirahat di tempat tidur bila sedang sakit.

Liputan6.com, London Saat tubuh sedang sakit bisakah seseorang tetap berolahraga atau pergi ke fitnes? Anda bisa mengetahui apakah masih bisa melakukan olahraga dan kapan waktunya istirahat di tempat tidur bila sedang sakit.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin tetap olahraga saat tubuh sakit seperti dilansir Handbag, Selasa(24/3/2014):

1. Dengarkan tubuh Anda

"Kita semua tahu bahwa olahraga adalah kunci kesehatan yang baik, tapi ada saat-saatnya tubuh memerlukan istirakat," kata Direktur Perawatan di Loyola University Health System, Keith Veselik.

Beristirahat ketika sakit adalah cara alami agar tidak mendorong tubuh Anda dan masuk akal untuk diperhatikan. Jika tubuh Anda melawan penyakit, tentu juga membakar energi untuk melawannya sehingga tubuh Anda tak bisa menerima tambahan stres.

2. Jenis sakit

Veselik mengatakan kepada Science Daily, ada aturan sederhana yang bisa diikuti. Anda tak masalah latihan jika gejalanya di atas leher seperti pilek atau tenggorokan. Apabila Anda demam, sesak napas, dada sesak, tubuh nyeri, diare, muntah atau pusing, cobalah beristirahat di tempat tidur.

3. Kelola harapan

"Apabila Anda tak merasa sehat, tapi masih ingin berolahraga, turunkan harapan Anda tentang apa yang bisa Anda lakukan," ujar Veselik.

"Anda tak perlu tidur sepanjang hari, tapi Anda tak bisa berharap memiliki tingkat energi sama seperti jika Anda tak sakit," kata Veselik.

4. Hindari sebarkan kuman di tempat fitnes

Pikirkan bagaimana jika Anda ke tempat gitnes dan menularkan kuman Anda. Lebih baik Anda berjalan-jalan atau lari sendiri. Tapi, ingatlah tetap jaga kehangatan. Jika Anda ingin tetap olahraga meski sedang sakit, selalu hubungi dokter Anda.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini