Sukses

4 Jenis Pengobatan untuk Atasi Pengeroposan Tulang

Bagi Anda yang menderita penyakit osteoarthritis (OA), ada empat jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya.

Liputan6.com, Jakarta Kala usia mulai menginjak 40 tahun, penyakit osteoarthritis (OA) kerap mengintai. OA merupakan penyakit degeneratif atau penyakit yang terjadi akibat menurunnya fungsi tubuh. Anda yang menderita penyakit ini, tidak perlu khawatir. Ada empat cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya. Apa saja?

Berikut empat jenis pengobatan yang dapat Anda lakukan, seperti yang dijelaskan Konsultan Ortopedi di Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura, Dr. Jefrey Chew Tec Hock:

Obat

Menurut Jefrey, biasanya pemberian obat dilakukan bila penyakit tersebut belum terlalu parah. Hanya saja, pemberian obat tidak memperbaiki masalah.

Suntikan

Bila selama minum obat pasien merasakan efek buruk yang terjadi pada tubuh, maka dapat melakukan alternatif pengobatan lainnya, yaitu injeksi (suntikan). Suntikan yang diberikan kepada pasien berupa gel, yang berguna mengganti tulang rawan.

Fisioterapi

Membantu pasien agar dapat menggerakan bagian lututnya. Selama sakit, lutut akan kaku dan dibutuhkan bantuan medis seperti ini.

Operasi

Kalau penyakit OA pada pasien sudah tergolong parah dan rusak, maka yang dapat dilakukan adalah operasi.

Dr. Jefrey mengatakan ada beberapa jenis operasi yang dapat dilakukan, seperti;

- Memperbaiki (repare kartilago)

Operasi dapat dilakukan untuk memperbaiki tulang rawan ini adalah Atroskopi. Operasi ini memerlukan pengangkatan bagian yang lepas dari tulang rawan di bagian belakang tempurung lutut, melalui metode lubang kunci.

Meskipun demikian, hal ini sendiri tidak memecahkan masalah secara keseluruhan. Perkembangan alami pelapukan dan cedera masih akan terus berlanjut. Jika orang tersebut memiliki pelapukan tulang rawan yang lebar, operasi Atroskopi tidak akan berguna sama sekali.

- Menumbuhkan kembali kartilago

- Operasi bila sudah rusak

Bila kerusakan sudah terlalu besar atau parah, maka yang operasi yang digunakan adalah Total Knee Replacement. Operai ini akan mengganti semua bagian lutut pasien.

"Bantalan sendi akan diganti menggunakan krome, titanium, plastik," kata Dr. Jefrey dalam diskusi media bertema 'Operasi Robotik Memberi Harapan Bagi Penderita Nyeri Lutut' di Nirwana Lounge, Hotel Indonesia Kempinsky, Jakarta, Selasa (18/3/2014)

OA adalah penyakit pengapuran sendi dan termasuk penyakit yang sering terjadi pada usia tua. Karena terjadinya pengapuran dan usia tua, terjadi rasang yang menyebabkan tulang rawan menipis dan habis.

Maka itu, ketika terjadinya gesekan, orang tersebut akan merasa sakit dan nyeri yang luar biasa. Biasanya, faktor risiko pada penyakit OA ini adalah kegemukan dan usia tua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini