Sukses

Mitos Jerawat yang Sering Muncul

Jerawat yang bermunculan bisa disebabkan banyak hal. Saat itu, penting bagi Anda memisahkan fakta dan mitos tentang jerawat.

Liputan6.com, New York Jerawat yang bermunculan bisa disebabkan banyak hal. Saat itu, penting bagi Anda memisahkan fakta dan mitos tentang jerawat.

Dokter Kulit dari Cleveland Clinic Jennifer Lucas, MD, menjelaskan, ada beberapa keyakinan yang dipercayai masyarakat umum tentang jerawat seperti dilansir Med.news, Rabu (19/3/2014):

1. Oleskan listerine atau odol akan membersihkan jerawat

Mungkin ini bisa terjadi, tapi jangan melakukannya. Produk gigi mungkin mengeringkan jerawat, tapi Dr Lucas mengatakan produk ini juga bisa membuat kulit kering dan meradang.

2. Makan cokelat jadi berjerawat

Jika Anda ingin menghindarinya lakukanlah. Tentang cokelat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Namun, makanan yang mengandung susu dan kadar gula tinggi bisa dikaitkan dengan memburuknya jerawat Anda. Karena itu, jika Anda merasa jerawat Anda lebih buruk, Dr Lucas mengatakan untuk menghindarinya.

3. Pencet jerawat akan membuat cepat bersih

Mungkin juga, tapi jangan melakukannya. Meskipun terkadang kita melakukannya, dan mungkin dengan cara itu jerawat jadi cepat menghilang, Anda juga harus ingat memencet jerawat bisa memunculkan bekas jerawat. Menurut Dr Lucas, ketika Anda mengeluarkan isi jerawat, Anda juga mendorongnya.

4. Berolahraga mengurangi jerawat

Benar, tapi tak selalu. Jerawat bisa diperparah oleh keringat dan kotoran yang terjebak di kulit Anda. Pastika Anda membersihkan wajah Anda (dada dan punggung jika rentan berjerawat) sesegera mungkin setiap usai olahraga. Terutama ketika Anda memakai helm, tpi, dan sebagainya yang bisa membuat keringat Anda terjebak di kulit Anda.

5. Berjerawat saat haid

"Benar, hormon berperan dalam jerawat," kata Dr Lucas.

6. Orang dewasa tak jerawat

Pendapat ini salah. Ada beberapa orang dewasa yang tetap berjerawat. "Saya sering mendengarnya sepanjang waktu dan saya senang jika itu menjadi kenyataan," ujar Dr Lucas.

Jerawat tak hanya berlanjut saat dewasa, tapi pada beberapa seseorang jerawat baru muncul saat dewasa. Biasanya ini didorong ketidakseimbangan hormon.

7. Cukur wajah bisa menghilangkan jerawat

Ini salah. Apa yang terlihat jerawat tumbuh kedalam, tapi produk benzoil peroksida sering direkomendasikan untuk membantu jerawat.

8. Tanning bikin kulit bersih

Mungkin saja, tapi jangan lakukan ini karena berisiko tinggi meningkatkan melanoma, yang tak sebanding dengan niat awal sebelumnya. "Saya tak melihat ini bisa membantu orang," kata Dr Lucas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini