Sukses

Holi Festival, Cerita dari Pesta Tersibuk di India (2)

Inilah cerita dari kota kelahiran Holi Festival, pesta tersibuk di India.

Liputan6.com, India Senin (17/3/2014) waktu India, di sebuah rumah di Brajbhoomi, sepasang anak kecil laki-laki mengendap-endap menuju atap. Terkikik-kikik mereka menahan tawa. Sebuah balon berisi air tergenggam di tangannya, sementara anak lainnya menggenggam plastik- plastik berisi bubuk berwarna. Kedua benda itu siap ditebarkan pada sasarannya: sekelompok remaja perempuan yang tengah berjalan menuju lapangan terbuka, tempat perayaan Holi akan diadakan.

 

Beberapa detik kemudian, tubuh mereka telah berkubang warna. Belum sempat mengerjap, balon air telah tumpah membasahi mereka. Kedua anak lelaki di atas atap tertawa riang. Sekelompok remaja itu pun tertawa, tak marah. Berlarian keduanya turun menuju ke lapangan bersama-sama. Pesta telah dimulai!

 

 

Lathmaar Holi

 

Sepanjang hari ini, kota ini berubah menjadi mosaik warna.  Halaman-halaman rumah dan jalanan dipenuhi dengan bercak-bercak warna yang mongering dengan cepat. Musik, tarian dan tawa beradu dengan menggembirakan.  

 

 

Hingga matahari terbenam dan bulan menyongsong, barulah pesta itu bubar, tapi tak sepenuhnya selesai. Ini hanya bagian pertama dari rangkaian pesta yang masih akan berlanjut esok hari. Inilah Lathmaar Holi. (bersambung)

 

Baca Juga:

Holi Festival, Cerita dari Pesta Tersibuk di India (1)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.