Sukses

Berpikir Tubuhnya Gemuk, Perempuan Brasil Punya Tumor 39 Kg

Seorang perempuan memiliki tumor seberat 39 kilogram (Kg) di ovariumnya. Selama satu tahun perempuan tersebut berpikir badannya yang gemuk.

Liputan6.com, London Seorang perempuan memiliki tumor seberat 39 kilogram (Kg) di ovariumnya. Selama satu tahun perempuan tersebut tak menyadari bahwa itu tumor. Ia hanya mengira badannya yang gemuk dan berat badannya naik begitu cepat.

Perempuan berusia 57 tahun yang tak disebutkan namanya itu berasal dari Brasil. Perempuan tersebut sudah mengalami kelebihan berat badan sebelum tumor mulai tumbuh. Selain itu ia tak mengalami efek samping yang mencurigakan selain sedikit kesulitan bernapas.

Perempuan tersebut baru mendatangi dokter setelah tumor berkembang 53 inchi (132 cm) di pinggangnya. Hasil temuan ini diterbitkan dalam Journal of Medical Case Reports seperti dilansir LiveScience, Minggu (16/3/2014).

Seorang Ahli Bedah Kebidanan di Long Island Jewish Medical Center di New York, Dr Jonathan Herman, menjelaskan, perempuan tersebut memiliki kista ovarium berlenidr. Ini dikenal dengan cystadenomas mucinous. Kondisi tersebut umum terjadi pada perempuan berusia 30 sampai 50 tahun. Sebagian besar kista tersebut jinak dan menghilang tanpa pengobatan.

Namun, pada beberapa kasus terus tumbuh. "Ketika Anda memotong untuk membukanya, lendur terus mengalir keluar. Lendir sangat banyak sehingga mereka tumbuh dalam ukuran besar," kata Dr Herman.

Menurut laporan, perempuan itu telah menjalani operasi pada 2003, ketika dokter menghilangkan bagian dari saluran tuba, uterus dan kelanjar getah bening. Perempuan tersebut juga menjalani kemoterapi karena tumor menunjukkan sifat kanker.

Sepuluh tahun kemudian, pasien dalam kondisi baik dan tumor tak menunjukkan lagi tanda-tanda pertumbuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini