Sukses

Ingat, Tidak Ada Obat untuk Sembuhkan Penyakit Ginjal Akut!

Meski sejumlah orang percaya bahwa penyakit ginjal ada obatnya, tapi Pakar Ginjal dan Hipertensi mengatakan obat ginjal tidak ada

Liputan6.com, Jakarta Meski sejumlah orang percaya bahwa penyakit ginjal ada obatnya, tapi Pakar Ginjal dan Hipertensi, Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD, KGH, FINASIM mengatakan tidak ada obat untuk mengatasi gangguan ginjal.

"Tak sedikit pasien minta obat untuk menyembuhkan ginjalnya. Saya tidak tahu pasien bilang punya obat ginjal darimana. Yang jelas obat ginjal itu tidak ada. Yang ada, obat untuk mengendalikan penyebabnya," kata Parlindungan di sela-sela acara World Kidney Day, ditulis Sabtu (15/3/2014).

Parlindungan pun menyebutkan cara mencegah penyakit ginjal ke ke stadium lanjut, seperti berikut:

1. Pengendalian Penyebab Gangguan Ginjal Reversibel.

"Misalnya apakah ia menderita batu ginjal, maka batu itu yang kami coba buang," kata Parlindungan.

2. Memperlambat Progresi Penyakit Ginjal, misalnya dengan mengendalikan hipertensi, diabetes dan lainnya.

3. Penanganan Komplikasi

4. Penyesuaian Dosis Obat sesuai tingkat LFG (Laju filtrasi glomerular)

5. Identifikasi dan Persiapan yang Adekuat untuk terapi Pengganti Ginjal

"Bila tahapnya sudah parah atau stadium 4 (G4), kita hanya bisa meminta keluarga untuk bersiap-siap mencari pendonor ginjal untuk pengganti ginjal. Meski sebagian besar keluarga di Indonesia sulit percaya, namun ini adalah kenyataan yang harus kami utarakan kepada keluarga," ujar Parlindungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.