Sukses

Saat di Depan Anak, Sebaiknya Ortu Singkirkan Ponsel

Para orangtua, cobalah singkirkan telepon selular saat bersama buah hati. Soalnya, perangkat mobile ini akan menggangu.

Liputan6.com, Jakarta Cobalah singkirkan telepon selular saat Anda bersama buah hati. Pasalnya, perangkat mobile ini akan mengganggu komunikasi antara Anda dan anak-anak. Bahkan bisa justru memperjauh jarah. Gangguan ponsel ini sangat umum terjadi di meja makan. Tapi, masih belum jelas dampak yang dirasakan anak-anak.

Profesor Klinis di New York Presbyterian Hospital, Dr. Gail Saltz, menjelaskan makan bersama orangtua dihubungkan dengan berbagai manfaat. Anak yang teratur makan bersama orangtuanya cenderung kurang mengalami penyalahgunaan obat dan alkohol, serta hamil di masa remaja.

"Menatap telepon selama makan dengan anak Anda bukanlah hal yang baik. Anak-anak yang sering melihat orangtuanya bermain dengan ponsel di meja makan bisa merasa diabaikan, tidak aman, atau tidak menghargai waktu Anda. Anda akan mendapat banyak manfaat dari makan bersama," kata Saltz seperti dilansir Today, Rabu (12/3/2014).

Para peneliti diam-diam menyaksikan 55 pengasuhan dari orangtua, yang makan dan berinteraksi dengan satu anak atau lebih, mulai dari bayi hingga usia 10 tahun di restoran cepat saji di Boston.

Hasilnya, 44 orangtua menggunakan perangkat mobile selama makan. 16 Orang deasa menggunakan perangkat mobile di sepanjang makan. Tiga orang dewasa memberikan perangkatnya untuk anaknya agar tetap duduk, tapi kebanyakan orangtua terlena di depan layar.

Pada penelitian sebelumnya, bayi yang baru lahir saja berusaha menatap mata ibunya untuk mencari informasi sosial sebagai cara ikatan terbentuk.

Anak yang masih kecil belajar tentang dunia dari interaksi tatap muka, vokalisasi, dan menyentuh orangtuanya. Mereka juga mengembangkan keterampilan bahasanya dengan cara ini.

Gedeon Deak , profesor di departemen ilmu kognitif di University of California , San Diego, yang mempelajari perkembangan manusia dan interaksi orangtua-anak, membuktikan bahwa banyak anak sekarang tumbuh tanpa tatap muka dan komunikasi yang cukup dengan orangtuanya meski mereka tak menjadi sosiopat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini