Sukses

10 Kesalahan Orangtua yang Harus Dihindari

Menjadi orangtua merupakan seni yang tak bisa diajarkan melainkan dipelajari. Kesalahan-kesalahan tentu masih terjadi.

Liputan6.com, New Delhi Menjadi orangtua merupakan seni yang tak bisa diajarkan melainkan dipelajari. Kesalahan-kesalahan tentu masih terjadi. Namun, penting bagi orangtua untuk mengontrol kesalahan sebelum memengaruhi pendidikan anak secara negatif.

Jadi, orangtua yang berpikir mereka sudah membesarkan anak-anaknya dengan benar, bisa saja tanpa disadari mengganggu otak kecilnya. Berikut beberapa kesalahan pengasuhan yang harus dihindari orangtua seperti dilansir Boldsky, Rabu (12/3/2014):

1. Jangan memuji hanya ketika sukses

Jika Anda memuji anak-anak Anda hanya ketika mereka berhasil, maka mereka berubah menjadi perfeksionis dan tak akan puas dengan apapun kecuali yang terbaik.

Daripada memuji anak ketika mereka berhasil, berilah motivasi kepada anak untuk mencoba dan menangani kegagalan yang dialaminya.

2. Memberikan pujian yang samar

Kata-kata `pekerjaan yang bagus` untuk perbuatan anak akan membuat mereka melupakan hal spesifik yang paling Anda sukai. Pujilah secara rinci untuk memotivasi anak berbuat lebih baik.

3. Menyalahkan setiap kali memilih

Menyalahkan anak tanpa dorongan positif merupakan kesalahan terburuk orangtua. Jika anak-anak Anda merasa segala sesuatu yang mereka lakukan adalah kesalahan, mereka akan berhenti meminta nasihat dari orangtua.

4. Membandingkan anak

Anak-anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan berbanggalah dengan anak Anda. Dengan membandingkan anak Anda dengan temannya, Anda melakukan kesalahan yang terburuk. Anak Anda akan merasa tak berharga dan bahkan mulai membandingkan Anda dengan orangtua teman-temannya.

5. Abaikan pendidikan anak

Kesalahan lain adalah mengabaikan pendidikan anak. Anak-anak Anda harus tahu bahwa orangtua mereka tak lepas dari sekolahnya. Tetap terlibat dalam pendidikan anak Anda karena itu merupakan tahap yang paling penting dalam pertumbuhan anak.

6. Komentar kasar

Memberikan komentar yang mengecilkan anak-anak seperti `tak berharga`, `memalukan` karena mereka tak mencapai keberhasilan di dalam hidupnya menjadi kesalahan yang diperbuat orangtua.

Bila Anda orang dewasa saja tak senang mendengar kata-kata seperti itu, bayangkan apa yang ada di hati anak-anak kecil. Mereka tentu menderita mendengarkan kata-kata kasar tersebut seperti yang dirasakan orang dewasa.

7. Harapan terlalu tinggi

Memberikan harapan yang terlalu tinggi menjadi kesalahan orangtua. Berikanlah motivasi kepada anak-anak untuk melakukan pekerjaan dengan baik sesuai pilihan mereka.

8. Terlalu protektif

Pada masa remaja anak-anak Anda, Anda harus menjadi pelindung tapi dengan cara yang ramah karena usia tersebut anak-anak Anda bisa menjadi sahabat Anda atau berpaling dari Anda. Jadilah ramah, dukung dan pahami perubahan yang dilalui anak-anak.

9. Berbicara saja tanpa mempraktikkan

Ketika menanamkan nilai-nilai yang baik kepada anak-anak Anda, Anda harus memastikan Anda tak hanya memberitahu mereka tapi juga mempraktikkan di dalam kehidupan Anda.

Jika Anda ingin anak-anak tak merekok, jangan hanya memberitahu mereka dampak negatifnya, tapi Anda juga harus tak merokok juga.

10. Membuat anak takut

Kesalahan orangtua adalah membiarkan anak-anak menyerah ketika hal-hal sulit menghampirinya. Membuat anak takut merupakan pikiran yang akan membatasi anak menjadi pemberani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.