Sukses

Trik Agar Anak Tetap Ceria dan Sibuk Saat di Mobil

Anak-anak menjadi bosan menghabiskan waktunya di ruang kecil dengan gerakan fisik. Tapi, Anda bisa menyiasatinya dengan berbagai cara.

Liputan6.com, New York Anak-anak balita kerap membuat kekacauan saat menaiki mobil. Bisa jadi ini karena mereka bosan menghabiskan waktunya di ruang kecil dengan gerakan fisik yang terbatas.

Saat itu, orangtua mungkin hanya bisa memasang DVD. Tapi, mengapa Anda tak mengisi waktu di mobil sebagai kesempatan untuk lebih mendekatkan diri pada anak. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan tenang atau benar-benar belajar sesuatu. Yang terpenting, bersenang-senanglah!

Berikut beberapa hal yang bisa orangtua lakukan agar anak tak bosan di dalam mobil seperti dikutip GalTime, Kamis (13/3/2014):

Kegiatan Tenang

1.Tas pribadi

Biarkan setiap anak mengisi barang-barang di tas pribadinya dengan mainan apapun yang mereka inginkan untuk di mobil.

2. White board

Anak-anak bisa menggambar, menulis, berhitung atau melakukan kegiatan lainnya di white board.

3. Buku warna/ Notebook

Bawalah kertas kosong atau buku mewarnai yang selalu menjadi penyelamat terutama ketika di dalam mobil. Anda bisa memilih pensil berwarna karena tak akan menodai kursi atau meleleh karena panas.

4. Audio books

Audio book bisa membuat anak-anak senang. Audio books tidak hanya untuk perjalanan jauh. Anda bisa bersama-sama mendengarkan bab di buku itu dalam perjalanan sekolah, atau sebagai cara yang indah agar dekat dengan buah hati.

Ketika orangtua menyetir jarak jauh, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan.

1. Beritahu Anak

Berikan penjelasan sejelas mungkin kepada anak seberapa lama mereka akan berada di dalam mobil. Ini tergantung usia mereka. Menggunakan jam bisa berarti banyak untuk mereka. Cobalah menggunakan sesuatu yang membuatnya nyaman. Anda bisa menyalakan film favorit mereka.

2. Biarkan mereka bergerak

Berhentilah setiap beberapa saat di tempat peristirahatan atau pinggir jalan untuk memberi kesempatan kepada anak-anak untuk meregangkan tubuhnya.

3. Bawa camilan

Siapkan makanan ringan yang sehat untuk anak-anak. Cobalah irisan buah yang bisa dimakan orang-orang dewasa dan anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini