Sukses

10 Masalah Kecantikan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menikah

Pernikahan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan semua pengantin bermimpi terlihat sempurna sehingga semua orang menatapnya.

Liputan6.com, New Delhi Pernikahan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar pasangan muda. Dan pada hari spesial tersebut, semua pengantin bermimpi terlihat sempurna sehingga semua orang tertuju padanya.

Anda tak ingin ada yang kurang dari penampilan Anda. Agar Anda terlihat terbaik di hari istimewa, berikut 10 hal kecantikan yang mungkin ingin Anda perbaiki sebelum pernikahan seperti dikutip Health.India, Rabu (12/3/2014):

1. Jerawat dan bekas jerawat

Jerawat bisa merusak tampilan Anda karena tak bisa sepenuhnya disembunyikan dengan make-up. Jika kulit Anda rentan jerawatan, Anda perlu memeriksanya ke dokter kulit.

Anda juga harus menjaga makanan yang Anda konsumsi. Makanan berminyak akan mengganggu pencernaan dan menjadi penyebab jerawat.

Karena itulah, cobalah mengatasi masalah ini dengan mendatangi spesialis kulit. Dengan obat-obatan dan produk yang tepat, Anda bisa menyingkirkan jerawat sebelum hari besar Anda.

Tak hanya jerawat, bekas jerawat berupa lubang atau bintik juga bisa mengganggu. Memang bekas jerawat lebih mudah ditutupi dengan kosmetik. Tapi, jika ingin menyingkirkannya, Anda bisa memiliki perawatan seperti microdermabrasion , chemical peeling , dan laser fraksional.

2. Warna kulit tak merata

Tanning atau skintone yang tak merata di wajah atau lengan akibat paparan sinar matahari dan kurangnya tabir surya. Cobalah perawatan rumahan dengan kentang dan jeruk nipis. Ini berguna karena sifat pemutihannya.

Anda juga bisa mempertimbangkan bahan kimia untuk kulit dan terapi laser. Ini akan membantu menghilangkan kotoran dan tan di permukaan kulit, serta meremajakan kulit Anda.

3. Masalah rambut

Masalah di rambut tergantung dari jenis rambut Anda apakah kering, berminyak, tipis, keriting, dan sebagainya. Tapi, satu yang yang bisa menyebabkan rambut tak bernyawa adalah perawatan yang tak tepat.

Agar rambut bersinar, terutama di hari pernikahan Anda, gunakan sampo yang sesuai jenis rambut, jangan menggunakan pengering terlalu sering, tahan diri Anda dari penggunaan banyak alat styling rambut seperti gel rambut, pelurus rambut, pewarna kimia, dan sebagainya.

Cobalah potong rambut Anda setidaknya setiap enam bulan untuk mencegah rambut pecah-pecah. Anda juga bisa membuat perawatan rambut di rumah dengan menggunakan bahan-bahan seperti henna dan telur.

4. Lingkaran hitam

Stres dengan pekerjaan yang panjang serta kurang tidur bisa mengakibatkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata atau bengkak. Anda bisa menutupinya dengan concealer sehingga terlihat segar dan cantik alami.

Gunakan gel di bawah mata agar kulit halus ini terhidrasi, gunakan retinols yang merupakan turunan Vitamin A atau kompres dingin untuk mengurangi bengkak.

5. Rambut kemaluan

Rambut yang tak diinginkan bisa menjadi ancaman besar, terutama di daerah bikini. Banyak wanita yang ingin menyingkirkannya sebelum hari pernikahannya. Anda bisa memilih Brazilian Wax, cukur, krim hair removal, atau solusi yang lebih permanen laser hair removal.

6. Tangan dan kaki

Sebelum pernikahan, lakukan pedicure dan manicure agar kaki dan tangan Anda terlihat indah jauh dari kuku retak dan kapalan. Pijat kaki dan cat kuku Anda sesuai dengan warna pakaian yang dikenakan di Hari Pernikahan.

Kebanyakan perempuan mengabaikan perawatan ini padahal, perawatan tangan dan kaki penting karena bisa merusak tampilan Anda yang bisa Anda lihat dari foto-foto.

7. Ketiak gelap

Jika pakaian pernikahan Anda tanpa lengan, Anda harus memastikan ketika Anda tak gelap. Pijat dengan minyak kelapa dan gunakan perasan jeruk untuk mengurnaginya.

Anda juga perlu menjaga daerah yang kering dengan mandi secara teratur sehingga menghilangkan keringat dan bau.

8. Bintik di punggung

Pastikan tak ada bintik-binting di punggung dan terlihat bercahaya penting di hari pernikahan Anda.

9. Stretch mark

Stretch mark biasanya terjadi ketika ada perubahan mendadak dalam berat badan dan kehilangan elastisitasnya. Anda bisa mencoba pengobatan rumahan seperti menggosokkan vitamin E, gel aloe bera, menjaga daerah kelembaban.

10. Ketombe

Ketombe sangat umum terjadi di kulit kepala yang kering dan berminyak. Ini bisa menyebabkan gatal. Anda tentu tak ingin tampilan menjadi rusak dengan adanya serpihan putih di gaun pengantin. Ini cukup memalukan. Jadi, pastikan kondisi Anda di bawah kontrol dengan menggunakan obat atau sampo antiketombe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.