Sukses

Letak Lemak di Tubuh Bisa Beritahu Masalah Kesehatan

Bentuk tubuh dan di mana lemak itu disimpan umumnya tergantung gen, tapi terkadang lemak disebabkan masalah kesehatan

Liputan6.com, London Lemak menjadi masalah yang sering dihadapi orang. Sebenarnya, apa yang menyebabkan tubuh berlemak?

Anda bisa saja mengurangi makanan agar lemak ini tak menumpuk. Tapi, ada penyebab lain sehingga lemak tersebut terbentuk.

Bentuk tubuh dan di mana lemak itu disimpan umumnya tergantung gen, tapi terkadang lemak disebabkan masalah kesehatan yang dikarenakan stres, hormon, atau sesuatu yang lebih serius. Berikut beberapa penyebab tubuh berlemak seperti dilansir Handbag, Rabu (12/3/2014).

1. Perut

Jika lemak Anda selalu berakhir di perut setelah sepekan yang tak sehat, ini bisa karena gaya hidup Anda yang stres. Ketika kita sedang stres, tubuh memproduksi terlalu banyak hormon kortisol yang menyebabkan tubuh menyimpan lemak. Pasangan yang terlalu banyak makan, berat badannya cepat naik.

Untuk membantu tubuh Anda rileks dan mengatasi stres dengan cara yang sehat, cobalah meditasi dan latihan seperti yoga. Anda hanya butuh lima menit istirahat dari meja Anda ketika Anda merasa di luar kendali sehingga menghentikan Anda menuju ke vending machine.

2. Lutut dan betis

Lutut yang tebal dan tak sedap dipandang bukan hanya kabar buruk untuk pakaian Anda, tapi juga merupakan indikator Anda tak memiliki hormon pertumbuhan yang cukup dan Anda tak cukup tidur.

Alasan lain betis bengkak bisa menjadi tanda retensi air jadi minum banyak air dan kurangi gandum untuk mengatasi gembung.

3. Pinggul dan punggung

Punggung berlemak akan menyembul keluar di bawah bra Anda. Penampilan ini jadi tak enak dipandang. Terbentuknya lemak di daerah ini menjadi tanda Anda memproduksi terlalu banyak insulin dan juga menjadi tanda peringatan diabetes.

Beralihlah ke karbohidrat dengan GI rendah seperti roti gandum dan pasta, serta kurangi gula untuk menurunkan berat badan di daerah tersebut.

4. Paha, dada, dan lengan atas

Lemak di payudara, paha, dan lengan menjadi tanda Anda memproduksi hormon estrogen terlalu banyak. Ini bisa berasal dari jenis pil kontrasepsi yang Anda minum dan dari beberapa bahan kimia yang meniru estrogen dan menyebabkan terbentuknya lemak. Bicarakan dengan dokter Anda untuk ganti pil.

5. Pinggang

Hormon tiroid bisa menyebabkan lemak berkumpul di daerah ini dan bisa disebabkan keracunan logam berat dan air keran, tamblan logam, dan fluorida di dalam pasta gigi. Cobalah minum air dan pastikan Anda mengonsumsi banyak serat untuk menyingkirkan logam di tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini