Sukses

Dokter Ini Bikin Pasien Kanker Miliki Payudara Lagi Tanpa Implan

Seorang Ahli Bedah di Bay Area menawarkan pasien yang pulih dari kanker memiliki payudara lagi tanpa menggunakan implan.

Liputan6.com, New York Implan payudara sering menjadi pilihan bagi perempuan yang pulih dari kanker payudara dan ingin dadanya tampak seperti sedia kala bahkan mungkin lebih besar. Seorang Ahli Bedah di Bay Area, San Francisco, Amerika Serikat menawarkan cara agar wanita kembali punya payudara tanpa harus menjalani operasi bedah implan.

Sebagai gambaran kisah seorang perawat di Los Gatos, Lisa Lal bisa jadi contoh. Lisa setiap siang harus mengenakan seragam. Tapi, di malam hari ia suka berdandan. Namun, ia begitu kaget ketika didiagnosa kanker payudara. Lisa akhirnya menjalani lumpectomy tahun lalu.

Saat itu ia mendatangi Dokter Bedah Plastik Kamakshi Zeidler, MD, untuk mengembalikan bentuk payudaranya. Setelah mempertimbangkan beberapa pilihan, Lal memutuskan mengangkat payudara dan melakukan prosedur auto-augmentation breast lift. Payudaranya akan kembali  tanpa menggunakan implan payudara.

"Saya merasa implan akan membuat saya terlihat kebesaran di atas," kata Lal seperti dikutip ABC7News, Jumat (7/3/2014).

Daripada memperbesar payudara, Zeidler mengatakan ia menggunakan jaringan pasiennya. Yang diambil dari daerah bawah payudara untuk membentuknya kembali. Selain itu efek samping prosedur ini sangat minim.

"Apa yang kita lakukan adalah mengambil irisan jaringan di bawah payudara dan ini itu terselip di bawah kelenjar dan membesarkan dinding dada sehingga menciptakan kepadatan di bagian atas payudara," kata Zeidler.

Teknik tersebut memungkinkan ahli bedah mempertahankan suplai darah ke bagian jaringan yang terangkat. Zeidler mengatakan, cara tersebut menghasilkan efek yang lebih tahan lama.

Dalam kasus Lal, dokter juga menggunakan transfer lemak yang diambil dari tubuhnya sendiri untuk mengisi daerah payudara yang sudah diangkat tumornya.

Dia mengatakan, hasil operasi tersebut telah membuat penampilannya lebih baik tapi alami. Lal juga merasa nyaman memakai jenis pakaian yang disukainya.

"Dari gaun, blus hingga baju renang, jauh lebih baik," kata Lal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini