Sukses

Kenapa Banyak Orang Mau Melakukan Yoga?

Diperkirakan 13.400.000 orang di Amerika Serikat memilih yoga sebagai aktivitas fisik untuk melatih pikiran dan tubuhnya selain tai chi

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebuah survei yang dilakukan tahun 2003 oleh Asosiasi Produsen Peralatan Olahraga, diperkirakan 13.400.000 orang di Amerika Serikat memilih olahraga yoga sebagai aktivitas fisik untuk melatih pikiran dan tubuhnya selain tai chi. Sedangkan di Indonesia, belum diketahui pasti berapa jumlah orang yang tertarik dan fokus pada olahraga yoga.Dari 13 juta orang, diperkirakan 1,6 jutanya merupakan orang berusia 55 tahun atau lebih. Menurut data yang diterbitkan pada tahun 2004 dalam Jurnal Alternative Therapies di Health and Medicine, diperkirakan 15 juta orang dewasa Amerika telah menjalankan yoga setidaknya sekali dalam seumur hidupnya.Setelah dilakukan wawancara, banyak masyarakat memilih yoga untuk mengurangi stres, memperbaiki kualitas hidup, kondisi kesehatan, dan menghindari penyakit tertentu seperti punggung atau nyeri leher. Dan 90 persen merasa yoga sangat membantunya.Dikutip dari Medicinenet, Rabu (5/3/2014) sebuah studi menunjukkan bahwa yoga yang diterapkan pada anak-anak, hanya mampu membantu mengatasi masalah tumbuh kembang dan aktivitas lainnya. Dengan melakukan yoga, anak-anak lebih aktif bergerak, dan gerakan yoga untuk anak-anak biasanya sangat menyenangkan. Lantas, bagaimana dengan orang dewasa?

Dalam sebuah studi tentang keseimbangan dan tai chi, pada 256 orang dewasa tidak aktif secara fisik berusia 70 sampai 92 tahun yang berlatih tai chi tiga kali seminggu dalam enam bulan, ditemukan bahwa tai chi membantu menurunkan risiko untuk jatuh dan meningkatkan keseimbangan fungsional dan kinerja fisik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini