Sukses

Bila Payudara Tak Rata, Apa Tandanya?

Ada beberapa gejala yang menunjukkan payudara perempuan tak rata. Apa saja?

Liputan6.com, London Orang sering beranggapan payudara yang tak rata itu jika salah satunya besar atau kecil. Namun sebenarnya ada beberapa gejala yang menunjukkan payudara perempuan tak rata.

Konsultan Bedah Plastik Patrick Mallucci dari MyBreast menjelaskan, payudara tidak rata bila berbeda ukuran puting atau bentuk, posisi puting yang tak rata, dan bentuk payudara yang berbeda.

Tapi, ketika payudara berbeda perlukan orang mengoperasinya?

Patrick mengatakan, wanita berpayudara tak bisa bisa mengubah caranya berpakaian atau mengisi bra yang payudaranya asimetris seperti dilansir SoFeminine, Selasa (4/3/2014).

Pilihan operasi, lanjut Patrick, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Seorang wanita mungkin memerlukan implan, sementara pasien lain mungkin perlu menguranginya.

Ada beberapa pilihan operasi untuk wanita berpayudara tak rata:

a. Pembesaran payudara
b. Pengurangan payudara
c. Mengangkat payudara
d. Reposisi puting
e. Transfer lemak

Patrick mengatakan, prinsip yang paling penting untuk diingat ketika melakukan operasi koreksi payudara adalah membuat payudara semirip mungkin.

"Untuk membuat dua payudara identik itu tak mungkin. Untuk memperbaiki asimetris, Anda harus mencoba dan membuatnya semirip mungkin. Jadi tergantung situasi yang berarti membuat yang kecil menjadi lebih besar, lebih besar menjadi lebih kecil, dan itu bisa mengoreksi seperti posisi puting dan ukuran," kata Patrick.

Menurutnya, kebanyakan wanita dengan payudara asimetris menginginkan payudara yang lebih kecil menjadi lebih besar. Tapi, seringnya payudara asimetris menjadi lebih baik jika mengurangi payudara yang lebih besar menjadi lebih kecil.

"Hasil terbaik bila kedua payudara melakukan prosedur yang sama. Akan lebih baik untuk tidak memakai implan di salah satu payudara dan satunya lagi tidak."

Apabila wanita memilih operasi, pertimbangkan pula risikonya. Operasi payudara biasanya berisiko memunculkan jaringan parut, dan memengaruhi sensitivitas pada puting, gangguan menyusui di masa depan, dan terkadang puting berisiko berdarah.

Patrick mengingatkan, jika wanita ingin memperbesar atau mengurangi salah satu ukuran lupakan pilihan alternatif seperti menggunakan ramuan, tablet, dan losion karena tak akan memberikan hasil yang diinginkan.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini