Sukses

ASI Ekslusif Kunci Sonia Wibisono Ramping

Meski sejak dulu ramping, dokter dan presenter, dr. Sonia Wibisono juga sempat mengalami kenaikan bobot tubuh saat hamil.

Liputan6.com, Jakarta Meski sejak dulu ramping, dokter dan presenter, dr. Sonia Wibisono juga sempat mengalami kenaikan bobot tubuh saat hamil. Tapi menurutnya hal itu tidak menjadi masalah, karena ASI ekslusif sangat berperan menurunkan kembali bobot tubuhnya.

Seperti ditemui saat peluncuran produk Soybean Maker beberapa waktu lalu, Sonia mengatakan bobot tubuhnya sempat naik 18 kilogram ketika memiliki anak pertama. Tapi baginya, ASI ekslusif lah yang sangat berperan menurunkan berat badannya.

"ASI itu efek banget nurunin berat. Ya meskipun saya barengi dengan makanan sehat. Jadi 6 bulan pertama ASI ekslusif, saya juga perbanyak minum susu kedelai, makan kacang hijau, menghindari makanan manis, alkohol apalagi soft drink. Selain air putih saya lebih memilih orange juice. Hasilnya, dalam sebulan berat saya turun satu kilogram," kata wanita kelahiran Jakarta, 37 tahun lalu, ditulis Minggu (2/3/2014).

Selain ASI, menurut Sonia, untuk menjaga berat badannya ia kini terus menjaga pola hidup sehat, seperti makan sehat, olahraga, tidur yang cukup dan menghindari stres.

"Saya nggak pernah makan di pinggir jalan, karena saya pikir Dinkes (Dinas kesehatan) nggak pernah ngajarin pedagang untuk bikin makanan sehat. Jadi banyak makanan yang mengandung boraks dan sebagainya. Dan pedagang akhirnya berlomba-lomba bikin makanan murah. Untuk makanan, saya pilih yang ada keterangan dari BPOM, untuk olahraga saya lebih suka treadmil dan renang, tidur berkualitas dan menghindari stres dengan mengalihkannya ke hobi yang posiitif," ungkapnya.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.