Sukses

Porsi Tepat Minum Susu Kedelai Agar Terhindar dari Penyakit

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa minum susu kedelai memiliki manfaat yang lebih banyak, seperti dapat menurunkan berbagai penyakit

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kesehatan dari kedelai bukan hanya dari tempe dan tahu. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa minum susu kedelai memiliki manfaat yang lebih banyak, seperti dapat menurunkan berbagai risiko penyakit kronis.

Seperti disampaikan dokter yang aktif di berbagai acara televisi, dr. Sonia Wibisono, susu kacang kedelai memiliki banyak nutrisi penting sehingga dapat mencegah berbagai penyakit seperti jantung dan kanker. Tapi seberapa banyak kita perlu mengonsumsi susu kedelai setiap hari?

Sonia menjelaskan, kalau bisa dalam sehari kita mengonsumsi 10 gram tahu atau setara dengan 500 gram susu kedelai atau kalau kita minum susu kedelai, dua kali sehari dua gelas.

"Kalau untuk yang menopose perlu lebih banyak dan dobel dosis karena lansia memerlukan estrogen yang lebih banyak," kata Sonia saat peluncuran Soymilk Maker, Joyoung di Pisa Kafe, Jakarta dan ditulis Sabtu (1/3/2014).

Disamping itu, Sonia menyampaikan manfaat susu kedelai lainnya berdasarkan kandungan kedelai sebagai berikut:

1. Saponin

Saponin merupakan zat antioksidan yang terdapat dalam kedelai yang bisa mencegah penuaan dini dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Oligosaccharides

Zat ini dapat menghilangkan sembelit dan melancarkan BAB

3. Plant Protein

Menjaga berat badan stabil, mencegah penyakit jantung dan menyuburkan rambut

4. Soybean Lipid

Mencegah pengerasan arteri (ateriosklerosis)

5. Soy Lecithin

Meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, membantu melenyapkan batu empedu, meningkatkan kecerdasan otak

6. Soy Isoflavones

Mencegah osteoporosis, diabetes, kanker payudara, menunda dan meringakan gejala menopose, mengencangkan kulit dan dapat pula berfungsi sebagai whitening dan moisturizing pada kulit sehingga kulit menjadi awet muda.

 

(Fit/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini