Sukses

Ibu Hamil Ngidam Tak Dituruti Bikin Anak Jadi `Ngeces`?

Anda tentu sering mendengar wanita hamil yang mengidam harus dituruti. Jika tidak, anak yang dikandungnya ketika lahir akan `ngences`

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu sering mendengar wanita hamil yang mengidam harus dituruti. Jika tidak, anak yang dikandungnya ketika lahir akan `ngences`. Sebenarnya, haruskah ngidam seorang wanita selalu dipenuhi?

"Tidak. Apalagi kalau ngidam yang aneh-aneh," kata Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K) singkat kepada Health Liputan6.com di Jakarta, Rabu (26/2/2014)

Menurut Febriansyah, ngidam atau dalam istilah kedokteran disebut dengan emesis merupakan fase di mana wanita hamil mengalami mual dan berujung muntah-muntah. "Jadi, kalau ada yang bilang ngidam harus dipenuhi, itu mitos saja," kata dia menerangkan.

Dari segi psikologis, lanjut Febriansyah, ngidam merupakan suatu mekanisme wanita hamil yang ingin diperhatikan. Tak hanya itu, di saat mengidam menjadi `senjata` bagi wanita untuk melihat kesetiaan pasangannya. "Kadang permintaan ibu hamil tidak masuk akal. Kalau sudah seperti itu, buat apa dituruti?," kata dia menekankan.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini